Sunday, July 5, 2015

Resep Donat Kentang Empuk dan Renyah

Resep Donat Kentang Empuk - Sebagai salah satu jenis kue yang paling populer di masyarakat, donat hadir dalam berbagai kreasi. Salah satu kreasi yang paling diminati penggemar kuliner kue adalah donat dengan bahan dasar kentang. Selain karena teksturnya yang lebih empuk, donat kentang memiliki rasa yang lebih nikmat. 

Pada dasarnya cara pembuatan donat kentang adalah sama dengan donat biasa. Namun dengan bahan terigu yang dikurangi takarannya dan diganti dengan kentang, cita rasa donat kentang yang nikmat telah tercipta. Bagi anda yang ingin membuktikan betapa nikmatnya donat kentang, simak yuk resep donat kentang empuk berikut.

Resep Donat Kentang Empuk


Bahan:
- 500 gram tepung terigu protein tinggi
- 250 gram kentang. Kukus kemudian haluskan dan dinginkan
- 50 gram susu bubuk fullcream
- 1 bungkus tau 11 gram ragi instant
- 100 gram gula halus
- 75 gram mentega
- ½ sdt garam
- 4 butir kuning telur
- 100 ml air dingin

Cara Membuat :
  1. Campurkan tepung terigu, susu bubuk, gula dan ragi instant. Aduk hingga rata. Masukkan kentang halus, aduk lagi sampai rata.
  2. Masukkan kuning telur dan air dingin, uleni hingga rata dan setengah kalis. Tambahkan mentega dan garam, uleni lagi hingga benar-benar kalis. Diamkan selama 15 menit.
  3. Bentuk adonan menjadi bulat atau sesuai selera. Diamkan selama 20 menit, tunggu sampai mengembang.
  4. Jika ingin dibentuk bulat berlubang, buat lubang kecil di tengah.
  5. Goreng dengan minyak yang telah dipanaskan di atas api sedang hingga kuning keemasan.
  6. Ketika donat mulai mengembang, masukkan sumpit kayu di tengah lubang kecil donat sambil digoyang dengan berputar-putar sehingga lubang membesar dan rata.
  7. Angkat. Hiasi dnat kentang dengan topping gula halus, coklat leleh, meises, keju atau sesuai selera anda.
  8. Donat kentang empuk siap dihidangkan.
Cukup mudah kan membuat kue bulat ini? Pastikan anda mengikuti langkah di atas agar menghasilkan donat kentang empuk yang tidak kalah dengan berbagai macam donat kentang yang dijual di toko kue. Semoga resep donat kentang dalam artikel ini dapat anda jadikan referensi untuk membuat kue donat yang istimewa.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Donat Kentang Empuk dan Renyah